Perawatan rem hidrolis ( tromol )
Apabila kendaraan (mobil)telah pada waktunya pengecekan pada rem pada sekita 15.000km maka lakukanlah hal2 sebagai berikut :
1. Penggantian minyak rem kemungkinan telah berubah .ataupun kotor
2. Periksa kampas rem kemungkinan tipis
3. Periksa karet master roda kemungkinan aus hingga menyebab kan bocor
Cara pembongkaran
Setelah menepas roda pasanglah jack stand sebagai pengaman,lakukanlah pembongkaran rem satu per satu sebagai berikut:
- Melepas tromol,apabila keras kendorkan dulu setelan rem hingga kendor dan buka.
Menggunakan amplas bersihkan tromol bagian dalam hingga bersih tanpa debu
1. Penggantian minyak rem kemungkinan telah berubah .ataupun kotor
2. Periksa kampas rem kemungkinan tipis
3. Periksa karet master roda kemungkinan aus hingga menyebab kan bocor
Cara pembongkaran
Setelah menepas roda pasanglah jack stand sebagai pengaman,lakukanlah pembongkaran rem satu per satu sebagai berikut:
- Melepas tromol,apabila keras kendorkan dulu setelan rem hingga kendor dan buka.
Menggunakan amplas bersihkan tromol bagian dalam hingga bersih tanpa debu
- Melepas komponen rem tromol satu persatu
- Setelah komponen rem terlepas periksa satu per satu
- Periksa ketebalan kampas rem apa bila tipis gantilah yang baru (ketebalan minimum 4mm)
kalau masih tebal bersihkan menggunakan amplas halus.
- Periksa per pembalik kemungkinan lembek.
- Periksa master tromol ,bersihkan menggunakan amplas halus pada silinder kemungkinan berkarat.
- Periksa piston ,bersihkan menggunakan amplas halus kemungkinan berkarat atau aus.(apabila aus ganti yang baru)
- Periksa karet rem(cup rem)kemungkinan aus atau robek(apabila aus ganti yang baru)
- Periksa dan bersihkan karet penutup debu (apa bila rusak ganti)
Setelah semuanya diperiksa dan dibersihkan maka rakitlah kembali komponen rem satu persatu.
Setelah semuanya terpasang ,lakukanlah penyetelan
-
Isilah minyak rem hingga penuh kemudian injak2 pedal rem hingga terasa
tinggi kemudian tahan dan kendorkan baud penyumbat pembuangan udara dan
tutup kembali.
Ulang langkah tersebut hingga terasa tinggi.
Penuhi kembali tabung ninyak rem hingga batas maksimal.
-
Setelah celah kampas menggunakan obeng min atau SST ungkit penyetel
hingga tromol terkunci ,kemudian kendorkan balik hingga 4 ungkitan
(depan) dan 6 ungkitan (belakang)
* Lakukan langkah tersebut pada tromol yang lain dan pasang roda.
Peace....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar